Subscribe:
    Subscribe Twitter Facebook

    Kamis, 16 September 2010

    5 TIPS BERBICARA DIDEPAN UMUM

    Merasa gugup sebelum tampil didepan umum adalah hal yang wajar, justru itu menandakan bahwa anda sehat wal afiat, karena normalnya setiap orang selalu ada rasa gugup sebelum berbicara didepan umum, walaupun dengan intensitas yang berbeda. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan, untuk mengontrol rasa gugup dan menjadikan presentasi anda lebih berkesan.
    1. Kenali tempat dimana anda akan bicara, datanglah lebih pagi lebih familier dengan tempat itu. Anda dapat juga berkeliling ke setiap sudut ruangan sambil mencoba perangkat sound system.
    2. Kenali audience anda, jika mungkin hapalkan beberapa nama audience, ini akan lebih memudahkan anda untuk berkomunikasi dengan semua audience.
    3. Kuasai bahan, karena jika anda tidak menguasai bahan, akan membuat anda semakin gugup, dan tentu saja kata-kata yang keluar dari mulut anda semakin sulit dikontrol.
    4. Relax, sebelum mulai, lakukan hal-hal yang membuat anda menjadi tenang, tapi tentu saja hal yang wajar.Jangan sampai yang anda lakukan malah memperlihatkan anda sedang gugup.
    5. Tambah terus jam terbang anda, hal inilah yang paling penting, karena public speaking bukanlah suatu hal yang mudah diajarkan secure instan, tapi bisa distimulasi dengan pengalaman. Jangan pernah menolak kesempatan dan percayalah bahwa anda juga mampu percaya diri.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Just Example Ads