Subscribe:
    Subscribe Twitter Facebook

    Kamis, 16 September 2010

    PEMBENTUKAN MORAL MANDIRI

    1. Berbahagialah jika dapat menolong orang lain
    a. Memberikan pakaian yang masih layak unutk korban bencana banjir
    b. Saya senang meminjami teman penghapus dan saya merasa senang bisa membantu
    c. Memberikan zakat pada fakir miskin
    d. Meminjami teman buku catatan ketika ia membutuhkan
    e. Membantu ibu membersihkan rumah

    2. Bersedihlah jika tidak bisa menolong orang lain
    a. Tidak bisa meminjami penghapus pada teman
    b. Sedih karena tidak bisa membantu nenek yang lapar dan saya bersedih tidak bisa membantu
    c. Saya bersedih tidak bisa meringankan beban orang tua untuk membayar BP3
    d. Saya sedih tidak bisa meminjami uang kepada teman, karena saya juga lagi tidak punya uang
    e. Saya sedih karena tidak bisa menolong korban banjir

    3. Bersedihlah jika anda mendapat bantuan
    a. Saya sedih dibelikan makanan teman
    b. Saya sedih tidak bisa membeli buku dan dibelikan oleh teman
    c. Saya sedih dibelikan penghapus oleh Nanda
    d. Saya bersedih dibelikan minuman oleh teman
    e. Saya sedih saat tidak punya pensil dan dipinjami teman

    4. Berbahagialah jika anda tidak dapat bantuan
    a. Senang karena tidak mendapatkan BLT
    b. Bisa membayar BP3 sendiri tanpa bantuan
    c. Bisa membeli buku sendiri tanpa dibelikan
    d. Saat pembagian hewan kurban tidak dapat
    e. Ketika ada pembagian zakat tidak mendapatkannya

    5. saya suka jika
    a. ada teman yang menraktir saya
    b. sahabat yang mendengarkan curhatan saya
    c. ada teman yang membelikan pulsa saya
    d. membelikan saya minuman saat saya haus
    e. ada teman yang membantu saya saat saya kesulitan
    f. saya juga suka bersikap demikian kepada orang lain

    6. saya tidak suka jika
    a. ada teman yang ingkar janji
    b. ada teman yang meremehkan orang tua saya
    c. ada teman yang memukuli saya tanpa sebab
    d. ada teman yang mengganggu saya
    e. ada teman yang suka semena-mena dg saya
    f. saya pun juga tidak suka bersikap seperti itu kepada orang lain

    7. Jangan pandang orang lain dari sisi keburukannya
    a. egois
    b.sombong
    c. moody
    d. ska mengejek orang lain
    f. saya tidak akan memandang orang lain dari sisi keburukannya

    8. Lihat orang lain dari sisi susahnya
    a. gampang stress
    b. tanggung jawab besar dalam mencari pekerjaan
    c. jarang berkumpul bersama teman-temannya
    d. suka menunda pekerjaan
    e. suka tidur
    f. saya akan selalu melihat orang lain dari sisi susahnya

    9. Jangan melihat orang lain dari sisi nikmatnya
    a. tampan
    b. harta berkecukupan
    c. prestasi membanggakan
    d. cita-cita dapat terpenuhi
    e. memiliki orang tua yang pengertian
    f. saya tidak akan memandang orang lain dari sisi nikmatnya

    10. Pandanglah diri sendiri dari sisi kebahagiaannya
    a. orang tua yang pngertian dan bijaksana
    b. memiliki keluarga besar yang utuh
    c. mempuyai teman yang baik
    d. mempunyai sahabat yang pengertian
    e. fasilitas hidup yang cukup
    f. saya akan selalu memandang diri saya dari sisi kebahagiaannya

    11. Pandanglah diri sendiri dari sisi keburukannya
    a. kegagalan dalam bidang presasi
    b. sering tidak sependapat dengan ortu
    c. kesepian
    d. selalu kehabisan pulsa
    e. boros
    f. saya akan memandang diri saya dari sisi keburukannya

    12. Pandang orang lain dari sisi kelebihannya
    a. suka membantu orang tua
    b. suka membantu teman-teman
    c. mandiri
    d. pengertian
    e. sabar
    f. saya akan selalu memandang orang lain dari sisi kelebihannya

    13. Jangan memandang orang lain dari kekurangannya
    a. sering marah-marah
    b. egois
    c. moody
    d. ceroboh
    e. sering berantem
    f. saya tidak akan memandang orang lain dari kekurangannya

    14. Pandanglah diri sendiri dari sisi keburukannya
    a. egois
    b. malas
    c. suka menunnda pekerjaan
    d. ceroboh
    e. suka marah-mara tidak jelas
    f. saya akan selalu memandang diri saya dari sisi keburukannya

    15. Jangan pandang diri sendiri dari sisi kebaikannya
    a. mudah percaya kepada orang lain
    b. mudah memaafkan orang lain
    c. perhatian kepada orang lain
    d. baik kepada setiap orang
    e. setia
    f. saya tidak akan memanang diri saya darisisi kebaikannya

    16. Ingat-ingtlah kebaikan orang lain
    a. membantu mengerjakan tugas
    b. menemani saya saat sedih
    c. sering ngasih tumpangan saat pulang sekolah
    d. sering nraktir makan
    e. menyonteki saat ujian
    f. saya akan selalu mengingat-ingat kebaikan orang lain

    17. Cepat lupakan perbuatan buruk orang lain
    a. suka marah-marah sama saya
    b. suka ngajakin berantem
    c. suka bohong
    d. mencaci maki saya
    e. memukul saya
    f. saya aan cepat melukan perbuatan buruk orang lain

    18. Cepat lupakan perbuatan baik diri sendiri
    a. penah mengantarkan puang teman
    b. penah menolong orng lain saat jatuh
    c. pernah membelikan pulsa teman
    d. member contekan kepada teman saat ujian
    e. pernah meminjamkan gitar kepada teman
    f. saya akan cepat-cepat melupakan perbuatan baik saya kepada orang lain

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Just Example Ads